Berikut ini Kimia untuk Mengekstrasikan Emas


Kimia untuk Mengektrasikan Emas – Dalam proses penambangan emas, selalu membutuhkan bahan kimia pemisah emas yang selalu digunakan untuk mendapatkan emas yang lebih banyak dan menguntungkan. Lantas apa sajakah bahan kimia yang ampu memisahkan emas dan banyak digunakan dalam pertambangan?

Bila dilihat dari asalnya bahan kimia pertambangan untuk emas dibedakan menjadi dua, yakni bahan kimia alami dan bahan kimia sintetis. Lalu apa sajakah itu, berikut bahan kimia yang mampu memisahkan emas dari lumpur ataupun batu yang mengandung emas.

Bahan kimia pemisah emas yang digunakan pertambangan Indonesia.

 

  1. Karbon Aktif Black Diamond

Penggunaan karbon aktif sebagai kimia pemisah emas di pertambangan Indonesia juga sangat diminati, kemampuan penyerapan hasil tambang seperti emas, timah, dan tembaga menjadi lebih efisien dalam penggunaannya, adapun cara menggunakan karbon aktif Black Diamond  untuk tambang emas adalah dengan mencampur lumpur yang mengandung emas menggunakan karbon aktif. Partikel pertikel emas yang tercampur tadi akan menempel pada karbon aktif dan didapatlah emas yang terserap dalam karbon aktif.

  1. Air raksa

Air raksa sebagai bahan kimia pemisah emas juga sangat baik untuk digunakan. Cairan ini cukup berbahaya karena tidak berbau dan mudah menguap pada suhu kamar. Air raksa emas ini sangat berguna dalam proses pemisahan dan pemurnian emas.
Walaupun lebih sering digunakan untuk memurnikan emas tapi air raksa ini juga mampu memisahkan  partikel emas dari batuan yang memiliki kandungan emas, air raksa ini sering digunakan pada pertambangan emas tradisional, sifat berbahayanya yakni bila menyentuh kulit manusia akan terbakar dan terluka serius, maka dalam penggunaannya sangat berhati- hati.

 

  1. Sianida

Sianida adalah bahan kimia pemisah emas yang saat ini banyak digunakan di pertambangan emas. Sifat senyawa yang ampu memisahkan partikel emas dengan lumpur sangat efisien dan 100% sangat berguna. Dalam prosesnya sianida sangat berbahaya bagi manusia dan lingkungan, maka dari itu penggunaan sianida dalam tambang harus memiliki izin dari pemerintah.

Masih banyak lagi kimia pemisah emas yang digunakan dalam pertambangan emas. Namun pada dasarnya semua bahan kimia yang digunakan ini memiliki sifat dan kegunaan yang sama, akan tetapi meimiliki dampak limbah yang berbeda- beda. Dalam penggunaan bahan kimia ini harus memiliki izin resmi dari pemerintah.

Kesimpulan : Demikian Artikel ini saya buat , Semoga Bermanfaat untuk Anda

Artikel Terkait :

 


Leave a Reply