7 Lokasi Tambang Emas Rakyat di Papua


7 Lokasi Tambang Emas di Papua7 Lokasi Tambang Emas di Papua – Wilayah ini telah menjadi gudang emas bagi rakyatnya, karena hampir di seluruh wilayah mengandung au . Salah satu contoh yang dikenal dunia adalah Tambang Emas Freeport, Melakukan penambangan dari tahun ke tahun tanpa kehabisan bahan baku. Sayangnya pemilik dari perusahaan tersebut adalah orang asing, coba saja jika tambang emas tersebut milik Negara pasti negeri ini sudah makmur dari jaman dulu.

Tidak bisa di sesali, namun perlunya perjuangan untuk mengambil alih dari tangan asing adalah misi utama, setidaknya pemerintah dapat lebih tegas mengatasi masalah ini. Jika harga rokok saja bisa di naikkan menjadi 50ribu perbungkus setidaknya pemerintah juga dapat mancabut izin kontrak PT. Freeport.

Ok, daripada bahas Freeport yang tidak kunjung habis, mending kita bahas mengenai lokasi tambang emas di papua, itung-itung agar penambang luar pulau papua dapat mengetahui lokasi pertambangan yang berpotensi mengandung emas yang berlimpah. Inilah dia:

 

Lokasi Tambang Emas di Papua

Telah saya rangkum sedemikian rupa untuk daftar lokasi tambang emas di papua yang perlu Anda diketahui, Tujuh lokasi tersebut masing-masing adalah:

Lokasi Tambang emas di papua yang pertama ada pada Distrik Senggi tepatnya berada pada Kabupaten Keero, wilayah ini berpatasan langsung dengan Kabupaten Pegunungan Bintang. Distrik senggi adalah daerah pertambangan emas yang pada saat ini masih di kelola oleh warga setempat.

2. Distrik Ayapo

Lokasi Kedua pada Distrik Ayapo, yang dikelola oleh warga setempat dengan cara tradisional.
Tempatnya terletak pada Kali Ungabhou, Kampung Bulebhe Kabupaten Jayapura Jarak tambang berkisar 5 km dari Jalan Koya Arso.

3. Sentani Timur & Sentani Barat

Lokasi ketiga ada pada Distrik/Kecamatan Sentani Jayapura, ada 2 lokasi pertambangan pada wilayah ini yaitu pada kawasan Bumi Perkemahan Waena dan di Buper. Waena berdiri dari tahun 1998. Sedangkan untuk wilayah Buper pertama kali beroperasi pada tahun 1996.

4. Distrik Nabire

Lokasi tambang emas ke empat yang berada di papua yaitu Kabupaten Nabire, tepatnya berada di wilayah Matimi Nabire Timur. Nabire adalah salah satu tambang emas yang memiliki izin beroperasi. Penambangan dilakukan dengan cara mendulang oleh warga setempat, namun ada juga yang menggunakan sistem modern seperti tromol. Untuk kandungan kandungan Au berkisar antara 5,2 ppm s/d 19,8 ppm.

5. Distrik Paniai

Lokasi Kelima ada pada Distrik Paniai, Penambang emas pada wilayah ini dilakukan pada Sungai Degeuwo, Kampung Namowodide. Untuk Jenis emas yang banyak ditemukan adalah aluvia, Untuk emas yang dapat diambil bisa mencapai sekitar 600-900 kilogram setiap bulannya, itu diproduksi lebih dari 20 pengusaha dan lebih dari 5 perusahaan.

6. Mimika

Mimika adalah wilayah yang dikenal dengan Kabupaten termakmur di Papua, berada di dekat tambang emas Freeport terbesar di Indonesia.

Tempatnya berdekatan dengan pegunungan beroperasinya mendapatkan hasil cukup banyak, karena diolah pada jalur pertambangan yang sama.

7. Waropen

Lokasi yang terakhir ada pada Kabupaten Waropen, yaitu salah satu wilayah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten Waropen adalah gas, batubara, minyak, dan emas. Berita buruknya Dinas Pertambangan Energi masih belum dapat memberikan izin untuk mengelola potensi sumber daya alam di Waropen.

 

Dengan begini berakhirlah penjelasan saya tentang 7 Lokasi Tambang Emas Rakyat di Papua. Saya berharap Pemda setempat dapat mulai aktif untuk mesosialisasikan penambang tentang bagaimana menambang dengan baik dan tidak merusak lingkungan dan mereka dapat beraktifitas didaerah itu secara produktif dengan mengikuti aturan yang diberlakukan. Hal Itu semata-mata untuk kesejahteraan rakyat.


Leave a Reply